Universitas Indonesia terpilih sebagai SJPP 2022

Universitas Indonesia Simpul Jaringan Pilot Project tahun 2022

Universitas Indonesia terpilih sebagai SJPP 2022, diwakili oleh Kantor Arsip Universitas Indonesia pada tahun 2022 terpilih sebagai salah satu dari 20 (dua puluh) peserta Simpul Jaringan Pilot Project (SJPP). SJPP merupakan program dari Arsip Nasional yang bertujuan untuk mempercepat jumlah publikasi khazanah arsip pada Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SIKN-JIKN). 

Tercatat 93 Lembaga Kearsipan mendaftar sebagai SJPP, namun hanya 20 yang terpilih sebagai peserta SJPP 2022. Syarat dan kriteria seleksi pemilihan SJPP 2022, antara lain memenuhi syarat wajib, yaitu nilai hasil pengawasan penyelenggaraan kearsipan tahun 2020 dan atau 2021, minimal B, serta telah terdaftar menjadi anggota simpul jaringan dan memiliki subdomain SIKN

20 Simpul Jaringan yang terpilih menjadi SJPP 2022, antara lain DPK Kab. Gunung Kidul, Institut Pertanian Bogor, DKP Prov. Sumbar, DKP Kab. Kebumen, DPK Kota Surabaya, DPAD DIY, DKP Kab. Malang, Dispusipda Jabar, DPK Prov. Aceh, DAP Kab. Buleleng, DKP Kota Jambi, DKP Prov. Jateng, DPK Kota Padang, DKP Kab. Badung, Universitas Indonesia, DKP Kab. Pati, DPK Prov. Jatim, DKP Kab. Kendal, DPK Kota Padang Panjang, dan DKP Kab. Bogor.

Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), pada rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN  tahun 2022 ANRI menyelenggarakan kegiatan tersebut secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang diadakan pada tanggal 29, 30 Juni dan 1 Juli 2022 bertempat di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta.

Kegiatan rapat koordinasi temu jaringan SIKN-JIKN mengundang Kementrian/Lembaga Negara, Lembaga Pemerintahan Nonkementrian (LPNK), Perguruan Tinggi, Kepala Dinas Provinsi, Kepala Dinas Kabupaten, Kepala Dinas Kota, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Sekretaris Daerah. Kegiatan koordinasi temu jaringan SIKN-JIKN bertujuan untuk memperkuat koordinasi secara Nasional antara Pusat Jaringan dengan Anggota Simpul Jaringan Kearsipan Nasional (JIKN) di seluruh Indonesia.

Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat menarik dan berkenaan dengan bagaimana meningkatkan koleksi kearsipan dalan jaringan SIKN dan JIKN serta hasil dari koleksi yang di input ke dalam jaringan SIKN-JIKN harus utuh dan autentik. Seperti yang dijelaskan oleh narasumber Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Bapak Dr. Andi Kasman, SE., MM. beliau memberikan arahan bahwa arsip yang dimasukan nantinya dalam jaringan SIKN-JIKN bukan hanya banyak tetapi juga harus utuh dan autentik.  Kemudian narasumber Bapak Drs. Azmi, M.Si. juga memberikan arahan serta informasi bahwa baru 35% simpul jaringan baik itu Kementrian, LPNK, PT, Dinas Provinsi, Dinas Kabupaten, Dinas Kota, BUMN, dan Sekda yang tergabung dalam simpul jaringan SIKN-JIKN, sedangkan 65% lainya belum masuk dalam simpul jaringan SIKN-JIKN. Diharapkan kedepannya 65% yang belum bergabung dalam simpul jaringan bisa bergabung, sehingga koleksi arsip arsip statis bisa terselamatkan dengan  menginput data kedalam sistem SIKN-JIKN.

Dalam Rapat koordinasi juga dilakukan penyerahan rekomendasi rapat temu jaringan dari peserta rapat kepada Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, rekomendasi tersebut merupakan butir-butir rekomendasi yang dikumpulkan dan dirangkum oleh tim perumus rekomendasi yang tujuannya untuk memajukan kegiatan SIKN-JIKN. Selain itu dalam kegiatan rapat koordinasi juga diumumkan pemilihan 20 simpul jaringan pilot projek tahun 2022. Dari 20 simpul jaringan yang terpilih Universitas Indonesia yang diwakili oleh Kantor Arsip terpilih untuk mengikuti Pilot Projek Tahun 2022. Arsip Nasional Republik Indonesia memberikan menyematkan PIN JIKN dan Sertifikat kepada 20 simpul jaringan yang terpilih menggikuti pilot projek tahun 2022, Universitas Indonesia diwakili oleh Kepala Kantor Arsip Bapak Wahid Nurfiantara, S.Hum. M.Hum menerima Pin dan Sertifikat.

Dalam pelaksanaannya UI berencana untuk meningkatkan kontribusi pada SIKN-JIKN dengan meningkatkan koleksi arsip pada Sekar (Sistem Elektronik Kearsipan) yang merupakan SIKN-JIKN mandiri di lingkungan UI. Diharapkan dengan peningkatan jumlah arsip statis yang dipublikasi ke sivitas dan masyarakat maka peran arsip universitas semakin dapat dirasakan dalam menjaga memori kolektif universitas dan karya intelektual warga UI.

 

 

arsip