UI Raih Penghargaan "Memuaskan" Pada Pengawasan Kearsipan 2022

Universitas Indonesia menerima penghargaan dari Menteri PANRB dan Kepala ANRI
UI Terima Penghargaan Pengawasan dari Menteri PANRB dan Kepala ANRI

Senin (22/05/2023), Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memperoleh penghargaan kategori “Memuaskan” pada Pengawasan Kearsipan tahun 2022 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penghargaan ini dianugerahkan pada puncak peringatan Hari Kearsipan ke-52 Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Annas bersama dengan Kepala ANRI, Drs. Imam Gunarto, M.Hum.

Pada Pengawasan Kearsipan tahun 2022, ANRI menargetkan tujuh PTN sebagai obyek pengawasan dimana salah satunya merupakan Universitas Indonesia (UI). Aspek penilaian terdiri atas aspek penciptaan arsip, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan, sumber daya manusia, dan sarana prasarana kearsipan.
 

Piagam Penghargaan UI sebagai PTN Peringkat I dengan Kategori A "Memuaskan"
Piagam Penghargaan UI sebagai PTN Peringkat I dengan Kategori A "Memuaskan"

"UI dianggap berhasil melakukan pengawasan kearsipan, sesuai dengan Peraturan ANRI Nomor 6 Tahun 2019. Hal ini menyangkut upaya menerapkan kepatuhan dan kesesuaian antara regulasi dengan proses implementasi penyelenggaraan kearsipan," ujar Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan KIP UI.

Pengawasan kearsipan merupakan upaya melihat kepatuhan dan kesesuaian antara regulasi dengan proses implementasi penyelenggaraan kearsipan. Pengawasan kearsipan sesuai dengan Peraturan ANRI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan diperoleh berdasarkan hasil Pengawasan Kearsipan Internal dan hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal yang telah dilakukan ANRI kepada UI. Menurut Kepala Kantor Arsip, Wahid Nurfiantara, hasil pengawasan kearsipan bukan sebuah hal instan yang diperoleh Universitas Indonesia (UI). Konsep pengawasan kearsipan telah dilakukan UI sejak tahun 2016 dengan tujuan melakukan sinergitas antara program kerja UI dengan program kearsipan nasional yang telah ditetapkan ANRI.

Kepala Kantor Arsip UI, Wahid Nurfiantara, berharap dengan diperolehnya penganugerahan hasil pengawasan kearsipan ini, UI secara konsisten melakukan perbaikan berkelanjutan. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa penghargaan ini harus menjadikan kearsipan semakin memiliki dampak dan manfaatnya yang dapat dirasakan oleh seluruh warga UI dan juga dunia industri. “Hal ini tentunya juga sejalan dengan semangat Kementerian PANRB, yaitu reformasi birokrasi berdampak,” ucap Beliau.

Saat ini, Kantor Arsip UI telah tersertifikasi ISO 30301:2019. Kantor Arsip UI juga senantiasa berupaya aktif dalam kegiatan asosiasi dan diskusi pengembangan arsip di tanah air.  Selain itu, UI terus mendukung perkembangan profesi kearsipan di Indonesia melalui partisipasi aktif di lembaga profesi. Adapun beberapa lembaga profesi kearsipan yang diikuti oleh Kantor Arsip UI antara lain, International Council on Archives (ICA), Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi (PAPTI), Perkumpulan Profesi Pengelola Rekod Indonesia (P3RI), dan Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI).

 

 

arsip