Penerbitan Tanda Tangan Elektronik di Rumah Sakit Universitas Indonesia

Dokumentasi Penerbitan eSign di RS UI
Suasana pendampingan penerbitan eSign untuk para pejabat struktural di Rumah Sakit UI

Selasa (6/6/2023) Kantor Arsip Universitas Indonesia (UI) melakukan pendampingan penerbitan tanda tangan elektronik tersertifikasi kepada sejumlah jajaran direksi dan pejabat struktural di Rumah Sakit UI. Proses penerbitan tanda tangan elektronik dilakukan melalui Aplikasi Naskah Dinas Elektronik Universitas Indonesia (Andieni). Andieni merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan proses penciptaan, pengesahan, dan distribusi naskah dinas dengan memanfaatkan teknologi informasi. 
Proses pengesahan naskah dinas pada Andieni menggunakan teknologi tanda tangan elektronik tersertifikasi yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara sebagai salah satu penyelenggara sertifkat elektronik di Indonesia.

“Implementasi eSign dapat menjadi solusi manajemen dokumen yang paperless. Kita dapat berhemat pembelian kertas dengan menggunakan eSign pada proses korespondensi” ujar Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK (K)., MPH, Direktur Utama Rumah Sakit UI.

Pendampingan penerbitan eSign Direktur Utama Rumah Sakit UI
Pendampingan penerbitan eSign Direktur Utama Rumah Sakit UI

Rumah Sakit UI adalah salah satu unit kerja khusus yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Kebutuhan terhadap implementasi eSign di Rumah Sakit UI nantinya juga akan digunakan untuk proses administrasi seperti BPJS Kesehatan. Harapannya masing-masing dokter yang praktik akan direkomendasikan untuk memiliki eSign sehingga dapat mempersingkat waktu pada saat proses claim BPJS Kesehatan. Tentu hal tersebut akan membantu rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh pasiennya. 

Sebelumnya pada Jumat, 12 Mei 2023 Kantor Arsip juga telah mendampingi penerbitan tanda tangan elektronik tersertifikasi untuk manajer dan direksi yang akan dijadikan sebagai role model sebelum dilakukan proses penerbitan tanda tangan elektronik untuk semua pejabat struktural di Rumah Sakit UI.
Penerbitan tanda tangan elektronik di Rumah Sakit UI dilakukan secara bertahap yang terbagi ke dalam beberapa batch agar proses yang dilakukan dapat diselesaikan sampai sertifikat elektronik berstatus issue dan dapat digunakan.

rian.windarsih