Dokumentasi Sejarah Lisan Arsip Universitas

Dokumentasi Sejarah Lisan Somadikarta
Wahid Nurfiantara, S.Hum. M.T.I. (Kepala Kantor Arsip) dan Prof. Dr. emiritus Soekarja Somadikarta (kanan)

Dokumentasi Sejarah Lisan merupakan kegiatan mengabadikan informasi dari seseorang yang mengalami peristiwa di masa lampau secara langsung. Sejarah lisan telah menjadi praktek terbaik di berbagai instansi kearsipan. Kantor Arsip mengambil peran untuk melakukan kegiatan dokumentasi sejarah lisan sebagai bagian dari program pengembangan khasanah arsip universitas.

Kegiatan dimulai dengan proses identifikasi tokoh yang akan dituju, membuat formulir persetujuan dokumentasi sejarah lisan, persiapan teknis, persiapan wawancara, dan pelaksanaan kegiatan. Pada tahun ini kami berencana melaksanakan dokumentasi sejarah lisan dari 3 tokoh (guru besar) senior. Kegiatan perdana telah dilakukan pada tanggal 9 Juni 2022 dengan narasumber Prof. Dr. emiritus Soekarja Somadikarta. Beliau adalah guru besar senior di Universitas Indonesia yang menjadi saksi sejarah dinamika Universitas Indonesia.  Dalam proses wawancara beliau menceritakan bagaimana awal mula bergabung dengan Universitas Indonesia hingga saran bagi para penerus generasi muda. 

Hasil dari dokumentasi serajah lisan ini direncanakan akan dipublikasikan pada berbagai kanal Arsip Universitas. Agar warga UI dapat merasakan marwah yang sama sebagaimana para pendahulu telah berjuang meletakan pondasi awal bagi pendidikan tinggi di Universitas Indonesia.

arsip