Arsip UI terima kunjungan Ombudsman RI & Unimal

cover artikel kunjungan

Pada bulan Desember 2022 ini, Kantor Arsip telah menerima dua kali kunjungan dari negara dan perguruan tinggi yaitu, Ombudsman RI dan Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhoseumawe, Aceh. Keduanya mengunjungi kantor kami pada waktu yang berbeda yaitu 15 Desember (Ombudsman RI) dan 21 Desember (Unimal). Dalam kunjungan tersebut, kami membagikan sistem pengarsipan di Universitas Indonesia dan mengajak mereka untuk melihat secara langsung proses kerja serta koleksi arsip & fasilitas yang ada di kantor kami. 

Pertemuan tersebut diawali dengan sesi pengenalan latar belakang pendirian, sistem kerja, dan juga pengelolaan arsip di Universitas Indonesia. Setelah itu, kami mengajak para tamu berkeliling melihat koleksi arsip yang kami simpan, fasilitas ada, dan pengelolaan arsip yang secara langsung dilakukan oleh Arsiparis kami. sesi kedua tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap tentang apa yang dilakukan Kantor Arsip untuk menjaga memori kolektif universitas. Pada sesi penutup, kami mengadakan sesi diskusi untuk membuka kesempatan bagi para tamu bertanya setelah mereka melewati sesi sebelumnya. tak lupa juga kami berfoto dengan para tamu dan memberikan cendera mata sebagai kenang-kenangan.

aceh

 

ombudsman

 

Sebelumnya, Kantor Arsip Universitas Indonesia telah banyak menerima kunjungan dari berbagai latar belakang seperti Peneliti, Arsiparis, hingga Mahasiswa. Tujuan dari kunjungan tersebut antara lain untuk penelitian, studi banding, hingga tugas perkuliahan. Kunjungan Ombudsman RI dan Unimal merupakan kunjungan yang ditujukan untuk studi banding dan Arsip UI terbuka untuk membagikan pengalamannya. Hal itu tentunya untuk mendukung kawan-kawan arsiparis lainnya yang ingin meningkatkan dan mengembangkan sistem kerarsipan di organisasinya. 

Anda dapat melihat cuplikan kegiatan berikut di kanal Youtube kami. 

 

ratu.nadia03