Selasar Kenangan: Pelestarian Memori Kolektif UI

Pameran Koleksi Arsip Foto Universitas Indonesia dari tahun 1950-2000
Pameran Koleksi Arsip Foto Universitas Indonesia dari Tahun 1950-2000

Beberapa pekan lalu (6-11 Maret 2023), Kantor Arsip Universitas Indonesia (UI) melaksanakan program "Selasar Kenangan" yang diadakan di Perpusatakaan Pusat Universitas Indonesia. Kegiatan ini menyajikan koleksi arsip statis Universitas Indonesia berupa arsip foto serta arsip audio-visual, mengedukasi, dan mengajak civitas akademika serta masyarakat umum turut serta menjaga memori kolektif UI.

Arsip foto yang dipamerkan pada dasarnya merupakan satu rangkaian kisah perjalanan Universitas Indonesia dari tahun 1950 hingga saat ini. Koleksi arsip foto tersebut terdiri atas: 

  1. Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Serikat (RIS) Nomor 7 Tahun 1950;
  2. Kunjungan Presiden Korea Utara pertama Kim Il Sung pada bulan April 1965;
  3. Demo Mahasiswa dan Peristiwa TRITURA pada tahun 1966;
  4. Pendaftaran mahasiswa pada tahun 1970-an;
  5. Pembangunan Kampus UI Depok pada tahun 1980-1986;
  6. Peresmian Kampus UI Depok pada 5 September 1987 oleh Presiden Soeharto;
  7. Demo Mahasiswa dan Reformasi 1998; dan 
  8. Kunjungan Presiden Abdurrahman Wahid dan wakilnya pada Dies Natalis ke 50.
Pemutaran Dokumenter "Pameran Arsip UI 2022: Jelajah UI Tempo Dulu" di Ruang VIP Perpustakaan Pusat UI
Pemutaran Dokumenter "Pameran Arsip UI 20022: Jelajah UI Tempo Dulu" di Ruang VIP Perpustakaan Pusat UI

Selain arsip foto, Selasar Kenagan juga memamerkan koleksi arsip audio-visual. Terdapat 3 (tiga) arsip audio-visual yang dipamerkan di antaranya yaitu Jelajah UI Tempo Dulu; Konser Mahasiswa; dan Dokumentasi Sejarah Lisan Profesor Balairung. Tidak hanya pameran koleksi arsip statis, Selasar Kenangan juga mengadakan permainan edukasi dan kuis berhadiah yang turut memeriahkan program ini. Permainan edukasi tersebut adalah tebak gambar seputar Universitas Indonesia dan kuis mengenai pemutaran arsip audio-visual. Para pengunjung terlihat antusias saat melihat-lihat koleksi serta bermain games di Selasar Kenangan. Para penonton koleksi audio-visual di ruang VIP juga merasakan antusiasme yang sama. 

"...yang paling menarik itu kita bisa lihat video-video UI waktu masih zaman dulu. Kan, kameranya masih jadul, gitu. Jadi, vibes-nya tuh berasa kaya kita serasa balik lagi ke zaman dulu" ujar salah satu pengunjung yang merupaan mahasiswa Ilmu Perpusatakaan UI.

Pengunjung saat bermain tebak gambar di stand Selasar Kenangan
Pengunjung saat bermain tebak gambar di stand Selasar Kenangan
Foto Wisudawan bersama keluarganya datang berkunjung ke stand Selasar Kenangan
Seorang Wisudawan bersama keluarganya datang berkunjung ke stand Selasar Kenangan

Dalam kurung waktu 6 hari kegiatan Selasar Kenangan ini berlangsung, tercatat lebih dari 100 orang telah menyaksikan pameran bertajuk Selasar Kenangan ini baik pameran arsip foto maupun arsip audio-visual. Hal ini menunjukkan bahwa Selasar Kenangan Mendapatkan antusias yang tinggi dari civitas akademika maupun masyarakat umum.

Kegiatan ini merupakan bentuk dari peran Kantor Arsip Universitas Indonesia dalam mempublikasi kearsipan sebagai bagian dari pemanfaatan arsip. Dalam artian dengan adanya Selasar Kenangan, Kantor Arsip UI telah memberikan informasi dan juga melaksanakan fungsi edukasi dalam mewujudkan civitas akademika dan masyarakat umum sadar arsip dan turut serta menjaga memori kolektif Universitas Indonesia.

 

Penulisan: Salsa Nabila | Editor: Ahmad Zainudin 

ratu.nadia03