Sekar anggota Simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN)

Sekar anggota simpul JIKN

Sekar anggota Simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) sejak tahun 2019. Sejatinya Arsip Universitas Indonesia telah mengelola arsip statis dalam sistem elektronik kearsipan sejak tahun 2013. Kemudian di tahun 2015 Sistem Elektronik Kearsipan (SEKAR) diperbarui menggunakan aplikasi berbasis open source AtoM (Access to Memory).

Sebagai bentuk komitmen UI dalam membangun Sistem Informasi Kearsipan Nasional. Pada tahun 2019 kami tergabung dalam Jaringan Informasi Kearsipan Nasional sebagai salah satu simpul untuk kategori Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT).

Koleksi yang telah tersedia pada Sekar (Sistem Elektronik Kearsipan Universitas Indonesia) secara bertahap akan dapat diakses pula melalui JIKN. Pada tahun 2021 telah terdapat 27.032 item yang tersedia dengan 19.745 file digital.

SEKAR
sekar.ui.ac.id

Kantor Arsip UI terus berkomitmen untuk menjaga memori kolektif universitas dan menyajikannya kepada sivitas akademika dan masyarakat agar dapat dimanfaatkan untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Untuk meningkatkan kinerja berupa jumlah arsip yang dikelola pada Sekar, maka di tahun ini Sekar mengalami pembaruan sistem dan penyegaran tampilan. Hal tersebut kami lakukan agar penyajian informasi dan layanan kearsipan di UI dapat terus meningkat dan memiliki dampak nyata bagi visi dan misi Universitas Indonesia.

Sekar UI dapat diakses pada laman sekar.ui.ac.id. Untuk panduan penggunaan sekar dapat diakses pada laman berikut Panduan Sekar

arsip