Pendampingan Penerbitan eSign Fakultas Teknik UI

Pendampingan Aplikasi Naskah Dinas Elektronik

Kantor Arsip Universitas Indonesia (UI) mengadakan sosialisasi penggunaan Aplikasi Naskah Dinas Elektronik Universitas Indonesia (Andieni) dan penerbitan eSign kepada para jajaran pimpinan di Fakultas Teknik UI. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memudahkan proses korespondensi di ruang lingkup UI, khususnya bagi fakultas dan pusat-pusat administrasi.

Selain melakukan sosialisasi, pihak Kantor Arsip UI juga melakukan pelatihan dalam penggunaan sistem Andieni. Sistem Andieni sendiri bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam korespondensi.

Andieni menggunakan teknologi tanda tangan elektronik tersertifikasi (eSign). eSign yang digunakan pada Andieni merupakan hasil dari kerja sama kemitraan antara UI dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). Balai Sertifikasi Elektronik merupakan unit pelaksana teknis di Badan Siber dan Sandi Negara (dahulu Lembaga Sandi Negara) yang memiliki tugas pemberian layanan penerbitan dan pengelolaan sertifikat elektronik di Indonesia untuk instansi pemerintah.

“Beberapa proses, saya kira kurang efektif untuk proses pembuatan naskah dari digital ke tercetak dan digital kembali dengan discan,” ujar Wahid Nurfiantara selaku Kepala Kantor Arsip UI.

Semua pimpinan di Fakultas Teknik menjalankan proses pelatihan Andieni dengan lancar sesuai dengan tahapan yang diatur oleh Bayu Setyawan, selaku Koordinator Pembinaan dan Pengembangan Sistem Arsip.

“Kalau pakai ini lebih semua jadi lebih ringkas dan semuanya tercatat,” ujar Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik.

Secara garis besar Andieni merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan memudahkan penciptaan naskah dinas (nota dinas dan surat dinas). Andieni mampu menghadirkan sebuah solusi nyata bagi peningkatan kinerja dan produktifitas UI dalam administrasi persuratan.

arsip