Arsip UI Mewakili PTN Dalam SJPP SIKN-JIKN

Rencana Strategis Arsip Nasional Republik Indonesia Tahun 2020-2024

 

Arsip UI Mewakili PTN Dalam SJPP SIKN-JIKN. Kantor Arsip Universitas Indonesia, terpilih menjadi perwakilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam kegiatan SJPP Tahun 2022. SJPP merupakan program dari Arsip Nasional Republik Indonesia yang bertujuan untuk mempercepat jumlah publikasi khazanah arsip pada Jaringan Informasi Kearsipan Nasioanl (SIKN-JIKN). 

Pada Diseminasi Hasil Pilot Project SIKN & JIKN Tahun 2022 diselenggarakan tanggal 14-17 November 2022 di Vasa Hotel, Surabaya. Kegiatan ini dihadiri 20 Simpul Jaringan antara lain DPA Provinsi D. I. Yogyakarta; DPK Provinsi Aceh; DPK Provinsi Jawa Timur; DPK Provinsi Jawa Barat; DKP Provinsi Jawa Tengah; DKP Provinsi Sumatera Barat; DKP kab. Pati; DKP Kab. Kebumen; DKP Kab. Badung; DAP Kab. Buleleng; DPK Kab. Malang; DKP Kab. Bogor; DPK Kab. Gunung Kidul; DKP Kab. Kendal; DPK Kota Surabaya; DKP Kota Jambi; DPK Kota Padang; DPK Kota Padang Panjang; Kantor Arsip UI; dan Unit Arsip IPB.

Kegiatan Diseminasi Hasil Pilot Project SIKN & JIKN Tahun 2022, terdapat dua sesi yaitu Penyampaian Hasil Pilot Project Perwakilan SJPP-LKPT dan Diskusi Panel. Sesi Pertama dalam kegiatan ini, Penyampaian Hasil Pilot Project Perwakilan SJPP-LKPT memilih tiga Narasumber yaitu Kab. Buleleng; Universitas Indonesia; dan LKD Prov. Jawa Tengah. Narasumber Universitas Indonesia diwakilkan oleh Bapak Wahid Nurfiantara S. Hum., M.T.I. selaku Kepala Kantor Arsip, pada kegiatan ini Bapak Wahid memberikan materi yang berjudul "Penyampaian Hasil Pilot Project Perwakilan SJPP-LKTP: Kantor Arsip Universitas Indonesia".

Sebelum kantor arsip UI mengikuti SJPP sudah terdapat 27.00 item pada SEKAR UI ( SIKN on premise di lingkungan UI) pada tahun 2020 sebagaian besar adalah koleksi foto dan naskah kebijakan universitas. Pada tahun 2022 kantor arsip melakukan evaluasi cara kerja pengelolaan arsip stasis, hasil evaluasi menyepakati target input sebanyak 1.000 item setiap bulannya untuk koleksi arsip foto. Kegiatan SJPP Tahun 2022 melibatkan tenaga pengelola arsip secara optimal untuk mendukung target (1 Wiradha; 2 Magang; 3 Arsiparis), yang bertugas untuk melengkapi deskripsi arsip foto, tokoh, tahun, dan lokasi, dan adanya perencanaan akuisisi arsip statis dari fakultas secara periodik untuk terus menambahnya khazanah arsip statis Universitas Indonesia.

Hasil Input SIKN-JIKN Kantor Arsip UI 

Grafik Input SIKN JIKN KAUI
Grafik Input SJIKN Tahun 2022 

 

Pada kegiatan SJPP kantor arsip memiliki beberapa kendala, seperti sinkronisasi data arsip; jumlah dan target input; duplikasi arsip; dan kesulitan mendeskripsikan koleksi arsip foto. Selain kendala, dengan mengikuti kegiatan sjpp terdapat manfaat di dalamnya seperti kinerja arsiparis menjadi optimal; media penyajian arsip menjadi informasi; dan perbaikan proses pengelolaan. 

    Diskusi Panel

     

    Sesi kedua dalam kegiatan ini, yaitu Diskusi Panel yang turut mengundang dua narasumber. Narasumber pertama berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yaitu Dr. Andi Kasman, S.E., M.M. dan Narasumber kedua dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, yaitu Ir. Tiat Surtiati Suwardi, M.Si.  

     

     

     

     

    ratu.nadia03