Arsip UI Adakan Pameran untuk Dies Natalis ke-74

Cover Artikel Pameran Dies UI ke-74

 

Kantor Arsip Universitas Indonesia (UI) turut memeriahkan Dies Natalis ke-74 UI dengan mengadakan pameran arsip pada 26 Februari—2 Maret 2024. Pameran yang diadakan di Perpustakaan Pusat UI, Depok tersebut mengangkat tema Peran UI dalam Pembangunan Berkelanjutan atau populer disebut Sustainable Development Goals (SDGs). Tema tersebut sejalan dengan tema besar dari Dies Natalis ke-74 UI yaitu, Sinambung Membangun Indonesia Lestari.  

Pameran Dies Natalis ke-74 Universitas Indonesia merupakan kolaborasi banyak pihak. Tak hanya Kantor Arsip, tetapi juga unit kerja UI lainnya dan beberapa unit kegiatan mahasiswa UI. Selain itu, Kantor Arsip bekerja sama dengan pihak eksternal UI, yaitu Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI).

 

Suasana seremoni pembukaan pameran dies natalis ke-74 UI
Foto 1: Laporan Ketua Pelaksana oleh Kepala Kantor Arsip, Wahid Nurfiantara, S.Hum, M.T.I 
Foto 2: Speech oleh Rektor UI periode 2002—2007, Prof. dr. Usman Chatib Warsa, SpMK, Ph.D. 
Foto 3: Sambutan oleh Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, MSc, PhD 
Foto 4: Penampilan Tari Piring oleh Liga Tari Mahasiswa UI Krida Budaya 
Foto 5: Suasana seremoni pembukaan pameran 27 Februari 2024 
Foto 6: Upacara gunting pita sebagai simbolisasi pembukaan pameran

 

Upacara pembukaan pameran sendiri diadakan pada tanggal 27 Februari 2024 dan dihadiri berbagai pihak. Tamu-tamu yang hadir antara lain Sekretaris Universitas Indonesia, Plh. ILUNI UI, Kepala Museum Bank Indonesia, Ketua, Ketua Tim  Penerbitan Naskah Sumber & Pameran ANRI, para pimpinan Fakultas dan para arsiparis UI. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan Liga Tari Mahasiswa UI Krida Budaya dan pidato Prof. dr. Usman Chatib Warsa, SpMK, Ph.D. Rektor UI periode 2002—2007 yang banyak bercerita mengenai visi berkelanjutan yang dilakukannya selama menjabat. Pameran kemudian dibuka secara resmi dengan gunting pita oleh Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, MSc, PhD yang didampingi oleh Plh. ILUNI UI, Kepala Kantor Arsip, Kepala Museum Bank Indonesia, dan Ketua Tim Penerbitan Naskah Sumber & Pameran ANRI.

 

Koleksi foto, video, dan buku yang dipamerkan dalam pameran
Foto 1: Koleksi mengenai tokoh UI, Sri Mulyani Indrawati 
Foto 2: Koleksi mengenai sejarah awal UI yang menjadi cikal bakal beberapa perguruan tinggi di Indonesia 
Foto 3: Koleksi video mengenai peran UI dalam Reformasi 
Foto 4: Koleksi buku para tokoh UI 
Foto 5: Koleksi foto mengenai acara debat presiden pertama yang dilaksanakan oleh civitas dan alumni UI

 

Pada pameran tahun ini, kami menampilkan koleksi foto, video, dan buku yang berkaitan dengan peran civitas akademika UI dalam pembangunan berkelanjutan sejak UI didirikan hingga kini. Terdapat 5 (lima) topik yang diangkat yaitu Pendidikan, Budaya Ilmiah, Sosial Masyarakat & Budaya, Kampus UI Depok, dan Tokoh UI. Selain koleksi, kami juga mengadakan permainan puzzle, tebak gambar, dan tebak posisi makara untuk menarik para pengunjung.

 

Suasana pameran dan permainannya
Suasana pameran yang dikunjungi oleh tamu DAAD Scholarships (foto 1 & 3), Prof. Usman Chatib Warsa, Rektor UI periode 2002-2007 (foto 2), mahasiswa pascasarjana dari Pakistan (foto 4), dan mahasiswa sarjana UI (foto 5).

 

Banyak pengunjung dari berbagai kalangan di pameran ini. Mulai dari mahasiswa dan wisudawan hingga guru besar dan tamu luar negeri. Melalui pameran ini, diharapkan publik mendapatkan wawasan mengenai sejarah UI dan perannya dalam masyarakat serta menginspirasi para pengunjung untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan di lingkupnya masing-masing.

 

Penulis & Desain: Ahmad Zainudin
 
 
 
kontributor